Latest News

Kuliner Khas Kota Bandung





Hello semua, saya disini mau ngebahas tentang Kuliner Khas Kota Bandung nih, pokonya tentang makanan itu sendiri. Pasti hampir semua menyukai pedas, dijamin kalian bakal suka dan inituh bikin ketagihan bangbet. Bagi kalian yang suka makanan pedas, asin, gurih, ada disini loh. Dan barangkali kalian butuh info bahan-bahan bumbu dan cara membuat nya kan? Nah yuk coba liat disini
Coba liat deh info makanan yang ini.

Seblak


Nikmatnya Seblak Kerupuk
Seblak Kerupuk


Seblak merupakan Kuliner Khas Kota Bandung yang mempunyai rasa yang sangat gurih dan enak. Ciri khas dari makanan ini adalah rasanya yang pedas dan aroma kencurnya. Menyantap Seblak ini jika tidak pedas kurang enak dan bukan Seblak namanya. Seblak ini berbahan dasar kerupuk, dan orang-orang pun menambahkan bahan baru seperti mie, makaroni, bakso, kwetiaw, bihun, tulang, ceker ayam, aneka macam kerupuk, dan masih banyak lagi. 


Seblak ini mempunyai tekstur rasa yang pedas, kenyal, dan tentunya sangat enak. Bagi kalian yang tidak menyukai pedas, bisa juga membeli atau membuat nya tidak usah memakai cabai. Di Bandung banyak sekali penjual seblak yang tersebar dimana-mana dan mempunyai citra rasa yang berbeda-beda. Seblak ini cocok dijadikan sebagai cemilan atau sebagai pengganjal perut.


Seblak ada 2 macam, yaitu Seblak Basah dan Seblak Kering. Perbedaannya adalah, jika Seblak Basah basah itu bumbu di goreng terlebih dahulu, setelah itu bahan-bahan nya direbus seperti kerupuk, mie, dan yang lainnya. ada juga yang menggunakan kuah jika kalian lebih menyukai makanan yang berkuah. Sedangkan Seblak Kering hanya 1 macam saja, yaitu kerupuk. Cara memasak nya itu adalah kerupuk di goreng terlebih dahulu, setelah di tiriskan, kerupuk di lumuri dengan bumbu khusus seblak kering.


Bumbu-bumbu yang diperlukan itu seperti bawah merah, bawang putih, kencur, garam, gula, penyedap rasa, dan cabai rawit. Cara membuat nya adalah :
1. Rendam kerupuk dengan air panas sampe warnanya berubah menjadi kekuningan
2. Panaskan minyak goreng dan kemudian masukan bumbu, aduk rata dan sampai terasa harum dan mulai mengering

3. Masukan air, kerupuk kedalam bumbu yang sedang di tumis
4. Beri bumbu seperti garam, gula, dan penyedap rasa
5. Masak hingga kuah mengering dan kerupuk mulai terlihat kenyal, jika yang menyukai kuah tidak perlu memasaknya hingga air meresap
Itu adalah cara membuat seblak. Jika kalian penasaran dan ingin mencobanya, coba saja kalian untuk membuat sendiri dirumah.



Cilok


Gurihnya Cilok Goreng
Cilok Goreng


Cilok Kukus Bumbu Kacang
Cilok Kukus Bumbu


Nikmatnya Seblak Cilok
Seblak Cilok


Cilok adalah makanan khas Bandung yang mempunyai tekstur sangat kenyal,enak, dan sangat cocok di lidah siapapun. Cilok itu kepanjangan dari “Aci Di Colok”, namanya pun sangat unik. Hampir semua warga Bandung sudah mengetahui makanan yang enak dan unik ini. Bahkan bukan tidak hanya di Bandung, bahkan hampir seluruh Jawa Barat mengetahui Cilok ini.
Penjual Cilok di Bandung sangat banyak dan tersebar dimana-mana. Bahan dasar dari cilok ini adalah Aci/tepung kanji. Cilok bisa diolah menjadi 3 macam makanan. Yaitu Cilok bisa dengan cara di kukus, bisa dengan cara di goreng, bahkan juga bisa dengan cara diseblak. Tetapi adonan cilok goreng ini berbeda dengan bahan Cilok Kukus dan Seblak Cilok. Terkecuali adonan Cilok Kukus dan Seblak Cilok itu sama. Hanya saja yang membedakan itu bumbunya.


Bahan-bahan untuk membuat cilok goreng :
1.Aci/tepung kanji
2.Tepung terigu
3.bawang putih
4.Kaldu bubuk
5.Merica bubuk
6.Garam
7.Air

Bahan-bahan untuk membuat cilok kukus hampir sama dengan cilok goreng.
Cara membuat cilok goreng :
1.Campurkan tepung terigu dengan tepung kanji, lalu adik hingga merata. Tambahkan daun bawang dan bawang putih lalu aduk sampai rata.
2.Panaskan air, beri garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Tunggu air sampai mendidih
3.Masukan air yang sudah mendidih ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata. Jika sudah dirasa adonan sudah bisa di bentuk, berhentilah mencapuri adonan dengan air
4.ambil adonan sedikit-sedikit dan bentuk menjadi berbentuk bulat.
5.jika sudah, masukan cilok kedalam air yang sudah mendidih. Untuk mengetahui cilok sudah matang atau tidak, jika cilok sudah naik ke atas dan mengapung itu sudah menandakan cilok sudah matang.
6.jika cilok sudah di kukus, maka cilok sudah bisa digoreng.


Cara membuat saus kacang :
1.Masukan kacang tanah yang sudah dihaluskan, kemudian beri cuka, gula pasir, air, dan gara,
2.Panaskan adonan di atas api sampai mengental
3.Jika yang menyukai pedas, bisa menambahkan cabe rawit yang sudah di haluskan

Itu adalah info Kuliner Khas Kota Bandung yang sangat enak loh, cara bikinnya pun mudah dan ga ribet. Coba deh diantara kalian kalo punya waktu luang, cobain bikin Seblak dan Cilok, dijamin deh kalian bakal ketagihan dan pengen makan keterusan. Semoga info yang saya berikan tadi bermanfaat untuk kalian yaa, Terimakasih



0 Response to "Kuliner Khas Kota Bandung"