Latest News

Gurihnya Menikmati Combro & Misro



Di Bandung banyak banget aneka kuliner yang enak-enak, terutama makanan yang sudah ada dari dulu dan belum semodern sekarang. Sekarang, saya disini akan berbagi info ke kalian tentang Makanan Khas Bandung yang enak dan gurih. Mulai dari rasanya, dan cara membuatnya pun. Coba liat yu dibawah ini.

Combro

Combro Khas Jawa Barat

Combro atau yang biasa di sebut Comro ini adalah makanan khas Bandung terutama Jawa Barat. Combro ini terbuat dari berbahan dasar singkong yang sudah diparut, lalu di bentuk oval dan didalamnya pun diisi dengan oncom yang pedas, kemudian digoreng kedalam minyak panas, dan Comro merupakan singkatan dari oncom dijero. Makanan ini sangat enak dan lebih enak lagi jika disantapnya saat keadaan panas.

Misro


Misro adalah makanan khas Bandung terutama Jawa Barat. Bentuk dan bahan dasarnya hampir sama seperti saat membuat adonan Combro. Hanya saja Misro ini dibuat dari bahan dasar singkong yang sudah di parut, kemudian dibagian dalamnya diisi dengan gula merah, setelah itu adonan dibentuk sehingga menjadi bulatan-bulatan kemudian goreng. Misro juga merupakan singkatan dari amis dijero. Misro ini sama hal nya juga dengan Combro, sangat enak dan pas sekali jika disantapnya saat keadaan hangat. 

Jika diantara kalian ada yang berminat ingin membuat Combro atau Misro di rumah kalian masing-masing, ini adalah info Cara Membuat Combro Dan Misro serta bahan-bahan yang di butuhkan untuk adonan.

Bahan-bahan adonan combro :
1. 1 kg singkong
2. 3 sdm tepung kanji
3. 100 gram kelapa (tidak tua tidak muda)
4. 2 batang daun bawang
5. Garam
6. Minyak goreng

Bahan untuk isi (oncom) :
1. 250 gram oncom, dipotong kecil
2. 1 batang daun bawang, dipotong potong 1 cm
3. 3 siung bawang putih
4. 2 siung bawang merah
5. 5 buah cabe rawit 
6. Garam (secukupnya)
7. Merica bubuk (secukupnya)
8. Gula pasir (secukupnya)

Cara membuat combro :
1. Parutlah singkong. rahasia supaya combro itu terasa renyah, hasil parutan diperas dulu airnya dan kelapa. Campurkan dengan tepung kanji, daun barang, dan garam. Aduk sampai merata.
2. Untuk isinya, haluskan bumbu isian seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe. tumis bumbu sampai harum, lalu masukan daun bawang.
3. Masukan oncom, aduk hingga merata dan oncom mulai hancur
4. Tambahkan gula, garam, merica. Masak sampai matang dan cicipi terlebih dahulu.
5. Ambil adonan singkong, isi dengan isian oncom lalu bentuk hingga adonan menjadi oval. Lakukan terus menerus seperti itu sampai adonan habis
6. Jika sudah, adonan digoreng


Bahan-bahan adonan misro :
1. 1 kg singkong, kemudian parut
2. 2 sdm garam
3. Minyak goreng (untuk menggoreng misro)

Bahan untuk isian :
1. 350 gram gula merah atau gula aren. Sisir halus

Cara membuat :
1. Campurkan singkong yang sudah diparut dengan garam lalu aduk hingga merata
2. Ambil kurang lebih 4 sendok makan adonan singkong, lalu bentuk hingga menjadi bulatan. Setelah dibentuk menjadi bulatan-bulatan, bagian dalam tengah diisi oleh gula merah yang sudah disisir tadi. 
3. Jika semua adonan sudah dibentuk, masukan adonan ke dalam minyak panas dan goreng hingga warnanya menjadi kecoklatan 

Itu semua adalah info tentang Combro Dan Misro serta cara pembuatannya. Jika diantara kalian ada yang penasaran ingin mencicipi nya ataupun membuatnya dirumah kalian masing-masing, ayo coba. Dijamin kalian semua akan merasa ketagihan. Cukup sekian info yang saya berikan kepada kalian, semoga bermanfaat ya, selamat mencoba dan Terimakasih:) 



0 Response to "Gurihnya Menikmati Combro & Misro"